Minyak Atsiri Indonesia

Arianto Mulyadi

MENGENAL PASAR MINYAK ATSIRI INDONESIA

Arianto Mulyadi, Manager, Business Development PT Indesso Aroma

Volume perdagangan minyak atsiri dunia diperkirakan bernilai sekitar USD4 milliar pada tahun 2007. Indonesia adalah salah satu pengekspor utama minyak atsiri dunia dengan nilai ekspor minyak atsiri dan turunannya: lebih dari USD120 juta pada tahun 2007. Di antara sekitar 3 ratus jenis minyak atsiri, terdapat puluhan jenis minyak atsiri yang sudah, sedang dan berpotensi dikembangkan di Indonesia. Makalah ini, selain memaparkan perkiraan volume output dunia dan Indonesia, juga membahas karakteristik singkat industri pengguna minyak atsiri secara singkat.

1. Minyak atsiri Indonesia dengan potensi pemakaian lebih dari 1000 ton per tahun

1.1. Minyak daun dan gagang cengkeh (clove leaf oil & clove stem oil)

Perkiraan pemakaian dunia saat ini sekitar 3500 ton/tahun, Indonesia adalah produsen utama, memproduksi sekitar 2500 ton pada tahun 2007. Pengguna utamanya adalah industri kimia aromatik, flavor & fragrance dan farmasi.

1.2. Minyak sereh wangi (citronella oil)

Perkiraan pemakaian dunia saat ini lebih dari 2000 ton/tahun, Indonesia adalah produsen nomor 3 dunia (setelah China & Vietnam) dengan produksi pada 2007 sekitar 300 ton. Kebutuhan dalam negeri China akhir-akhir ini meningkat dan diperkirakan mencapai 800 ton per tahun sehingga posisinya sewaktu-waktu bisa beralih menjadi netimporter. Pengguna produk ini sangat beragam dan berkembang antara lain industri flavor & fragrance, detergent, obat nyamuk dan kimia aromatik

1.3. Minyak nilam (patchouli oil)

Perkiraan pemakaian dunia pada tahun 2006 sekitar 1500 ton/tahun dan Indonesia adalah produsen utama. India & China sampai sejauh ini belum mampu berproduksi lebih dari 100ton/tahun. Situasi tahun 2007-2008 yang tidak kondusif berakibat turunnya produksi dan pemakaian sampai lebih dari 40%. Pemakai utamanya adalah industri fragrance

1.4. Minyak terpentin (turpentine Oil)

Indonesia adalah produsen dengan output sekitar 10,000 ton per tahun (nomor dua setelah China). Pemakai utamanya adalah industri kimia aromatik.

Pasar minyak-minyak di atas relatif mudah diraih. Yang paling penting dalam meraih pasar tersebut adalah penyediaan bahan baku yang berkelanjutan serta teknik produksi yang efisien dan mutu minyak yang sesuai. Minyak atsiri lain yang berpotensi pemakaian di atas 1000 ton per tahun adalah mint oil (mentha arvensis) dan beberapa jenis citrus oil, menurut beberapa penelitian bisa dikembangkan di Indonesia. Mint & Citrus oil merupakan minyak atsiri dengan potensi pemakaian puluhan ribu ton per tahun.

2. Minyak atsiri Indonesia dengan potensi pemakaian antara 100-1000 ton per tahun

2.1. Minyak Pala (nutmeg oil) dan minyak fuli (mace oil)

Perkiraan permintaan dunia lebih dari 250 ton per tahun dan Indonesia adalah pemain utama dengan volume ekspor lebih dari 200ton per tahun. Akhir-akhir ini output menurun drastic karena hama yang menyerang tanaman pala di Sumatera.

2.2. Minyak Akar Wangi (vetiver oil)

Perkiraan permintaan dunia lebih dari 200 ton per tahun. Pemain utama minyak akar wangi adalah Haiti. India berproduksi cukup besar (puluhan ton per tahun), namun permintaan dalam negerinya lebih besar daripada output. Indonesia merupakan pemain penting dengan sentra produksi di Garut (output saat ini diperkirakan berkisar antara 20-30 ton per tahun).

2.3. Minyak Kayu Putih (cajeput oil)

Perkiraan permintaan dunia lebih dari 100 ton per tahun dengan pemakaian terkonsentrasi di regional Asia Tenggara. Sedangkan di dunia, minyak eukaliptus lebih banyak dipakai

3. Minyak atsiri Indonesia dengan potensi pemakaian kurang dari 100 ton per tahun

3.1. Minyak Cendana (sandalwood oil)

Perkiraan permintaan dunia lebih dari 50 ton per tahun. Pemain utamanya adalah India. Indonesia (sebelum Timor Timur merdeka) pernah menduduki peringkat 2. Saat ini, Australia melakukan penaman santalum album besar-besaran dan dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi pemain utama dunia.

3.2. Minyak Kananga (Cananga Oil)

Minyak atsiri ini hanya diproduksi di Indonesia dengan output sekitar 20 ton per tahun. Di dunia pemakaian minyak kananga masih terbatas dibandingkan minyak ylang ylang.

3.3. Minyak Massoi (Massoia Bark Oil)

Minyak atsiri ini hanya diproduksi di Indonesia dengan output lebih dari 5 ton per tahun. Minyak ini merupakan sumber natural lactone. Minyak Lada Hitam (Black Pepper Oil) Minyak atsiri Indonesia dengan potensi pemakaian kurang dari 100ton per tahun.

3.4. Minyak Kemukus (Cubeb Oil)

Minyak atsiri ini hanya diproduksi di Indonesia dengan output beberapa ton per tahun. Kemukus adalah tanaman liar merambat  yang bijinya juga dibutuhkan sebagai bahan obat tradisional maupun bumbu masakan India.

3.5. Minyak Daun Jeruk Purut (Kaffir Lime Leaf Oil)

Minyak atsiri ini hanya di produksi di Indonesia dengan output beberapa ton per tahun. Pemakaian sementara ini hanya untuk fragrance, padahal potensi di flavor cukup besar hanya saja minyak atsiri ini belum memiliki nomor FEMA.

Masih ada beberapa minyak atsiri Indonesia lainnya seperti minyak lawang yang hanya dipakai di pasar domestik untuk obat gosok dan mempunyai nilai ekonomi rendah, minyak gurjun yang bisa berfungsi sebagai fixative namun pengadaan bahan bakunya berkategori ilegal, minyak lada hitam (black pepper oil) yang produsen utamanya adalah India (sebagian bahan baku impor dari Indonesia) dan mereka beroperasi efisien dengan mengintegrasikan produksi oleoresin dan oil. Selain itu juga banyak disebut di media beberapa jenis minyak atsiri dari bahan baku bunga. Sejauh ini produksinya masih sangat terbatas dan berskala kecil sekali dan belum mencapai skala ekonomis untuk bersaing dengan produsen utama di India, Mesir maupun Eropa Timur.

Pemasaran minyak atsiri tidak bisa terlepas dari penggunaannya. Industri pengguna utama minyak atsiri adalah industri flavor & fragrance, industri kimia aromatik, industri farmasi, industri kosmetik (termasuk spa) dan toiletries (termasuk detergent), industri pengendalian serangga/hama serta industri makanan & minuman.

Hampir semua jenis minyak atsiri digunakan untuk industri flavor & fragrance. Oleh karena itu, sektor ini adalah pasar utama minyak atsiri. Pemain utama industri ini adalah perusahaan multinasional dan sebagian besar juga sudah beroperasi di Indonesia. Perkiraan penjualan mereka pada 2007 mencapai USD19.8 milyar dan 69% dikuasai 10 perusahaan besar seperti terlihat pada diagram di bawah (sumber: http://www.leffingwell.com).

00

Bagi perusahaan-perusahaan tersebut, Indonesia menempati posisi yang strategis, baik sebagai sumber bahan baku maupun sebagai pasar. Yang  mereka harapkan dari pemasok minyak atsiri terutama adalah kesinambungan pasokan, konsistensi kualitas dan harga yang wajar.

Industri kedua yang masih berhubungan dengan industri flavor & fragrance dan merupakan industri antara adalah industri kimia aromatik.  Beberapa minyak atsiri memiliki gugus kimia aromatik yang bisa diisolasi dan direaksikan untuk mendapatkan gugus kimia aromatik lain. Yang berkembang di Indonesia adalah industri kimia aromatik turunan minyak cengkeh (eugenol dll) dan minyak sereh wangi (citronellal dll). Sedangkan yang masih berpotensi untuk dikembangkan adalah industri turunan minyak terpentin (alpha pinene, beta pinene dll). Industri ini membutuhkan minyak atsiri berharga ekonomis karena produk kimia aromatik turunannya masih memerlukan beberapa tahap proses isolasi maupun reaksi lagi. Beberapa produk seperti misalnya geraniol, bisa diproduksi dari sumber bahan baku lain (bukan minyak atsiri) yang lebih ekonomis.

Industri farmasi dengan riset dan pengembangan yang dinamis menyediakan peluang terhadap pemakaian minyak atsiri maupun kimia aromatik turunan minyak atsiri. Industri lain yang prospektif adalah industri spa, kosmetik, makanan-minuman dan pengendalian serangga/hama. Meskipun pasar ini prospektif, kepastian pasar perlu dicermati seksama. Prinsip membuat barang yang diminta pembeli lebih tepat diterapkan daripada membuat barang untuk dijual.

36 Comments »

  1. THE LATEST WORD IN FRAGRANCE
    Nikmatilah hari-hari anda bersama intisari produk kami yang dinamis

    Bersama ini perusahaan kami ingin memperkenalkan kepada Ibu/ Bapak atas poduk yang kami hasilkan :
    1. Berupa-rupa Flavours atau Sweet Flavours dengan bermacam-macam cita rasa yang tinggi
    2. Berupa-rupa Fragrances dengan bermacam-macam wewangian yang khas.

    Dengan bangga kami akan mengirimkan sample sesuai keinginan anda

    Demikian perkenalan ini kami sampaikan dengan harapan dapat terjadi hubungan yang menguntungkan dikedua pihak dikemudian hari.
    dan apabila ada pertanyaan, silakan menghubungi kami :

    PT. Quintescents Flavour and Fragrances Indonesia

    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami,
    Ratna Komala
    Sales & Marketing
    hp : 0818955506

    Comment by Ratna Komala — September 6, 2009 @ 8:03 pm

  2. Pak Arianto
    apakah PT Indesso Aroma menerima minyak kemukus?
    bahan dari daerah jawa barat selatan dan jawa tengah
    berapa harga perkilo saat ini?
    mohon infonya.terimakasih

    Hormat saya
    Budi Santoas

    Comment by budi santosa — January 18, 2010 @ 8:20 pm

  3. jual minyak kenanga dan minyak lada

    herman monenggue bandung 085210103333

    Comment by herman — February 2, 2011 @ 9:27 am

  4. bagi bapakk/ibu.yang perlu eugenol usp dengan kadar 99,5 %……..
    dan eugenol murni sampai dengan kadar 99,9%………
    dapat menghubungi darwan hamzah
    hp.6285882779361…….
    terimakasih

    Comment by darwanhamzah — September 21, 2011 @ 10:59 am

  5. kok turun terus harganya? harga yg pasti brapa untuk clo dan po?

    Comment by pryty — October 23, 2011 @ 11:31 pm

  6. saya punya hasil minyak nilam dan cengkeh dalam jumlah besar, tolong dikirim no tlp pt indesco

    Comment by wibowo — November 4, 2011 @ 10:27 pm

  7. berapa harga minyak nilam sekarang……?

    Comment by yusup — May 17, 2012 @ 8:40 am

  8. pak mau tanya apa indesso menerima minyak atsiri temulawak? berapa harganya?
    hasan 081327031842

    Comment by hasan — December 2, 2012 @ 7:16 pm

  9. Kesulitan utama produsen atsiri skala kecil adalah:
    1. Keterjaminan bahan baku
    2. Keterjaminan pasar
    3. Ketetjaminan kualitas produk
    4. Keterjaminan harga
    5. Keterjaminan informasi dan pembinaan
    Untuk menmghadapi masalah tersebut diatas banyak yg harus dilakukan, sebagai langkah awal potong tuntas rantai dagang yang menyebabkan standar ganda pada produk atsiri sehingga tidak menimbulkan banyak spekulan dan tidak menyebabkan pasar atsiri terlalu silent

    Comment by umar — December 25, 2012 @ 7:39 am

  10. Ass….Pak Mau nanya PT nie mau mnerima penjualan minyak nilam ngk….mhon infonya ya pak…

    Comment by Aden Solikin — February 19, 2013 @ 10:33 pm

  11. Asss… mohon info pembeli minyak atsiri jeruk purut..?? berapa per liternya trims..

    Comment by aris setiyabudi — April 24, 2013 @ 7:32 pm

  12. mau tanya pak, apa indesso terima minyak sirih?brp hrganya?jenis sirih apa yang laku?saya di tebing tinggi sumut

    Comment by ardian — May 7, 2013 @ 6:42 am

    • berapa harga minyak cendana india perkilony??

      Comment by harle — August 20, 2013 @ 5:26 am

  13. apa perusahaan ini menerima minyak cendana india?

    Ferry Sunaryo

    Comment by Ferry Sunaryo — July 3, 2013 @ 5:11 am

  14. apakah indesco menerima minyak bunga kamboja;kalau perlu kam di purwakarta siap memproduksinya’hubungi nenden 085220911115

    Comment by nenden — July 4, 2013 @ 9:10 am

  15. saya minat unt mengembang kenanga ada apa tdk bibit berbentuk biji

    Comment by baharuddin damanik — July 7, 2013 @ 9:15 am

  16. Didaerah Kami pnya beberpa stok minyak daun cengkeh dan jg beberapa penyulingan, dan bersyukur tahu web ini , mhn kiranya pak.arianto untuk kerjasamanya

    Comment by jimly — July 7, 2013 @ 9:31 pm

  17. Salam pak Arianto
    Saya aroma yandi ingin pertanyakan tentang usaha minyak nilam and pala. .
    Karna saya mempunyai kebun sekitar 5ht.di jawa barat . Mogon info

    Comment by aroma yandhie — March 5, 2014 @ 11:59 pm

  18. apakah perusahaan ini menerima minyak gaharu
    saya punya minyak gaharu 7 liter
    beriminat hub agung surya 082121561999

    Comment by agung surya — March 12, 2014 @ 1:42 pm

  19. Yth, Mas Arianto, yg butuh minyak atsiri pala, biji pala tua/muda kering, hub kami, telp 081286847677, 0818831957, trims

    Comment by Imsal Ranjanun — March 20, 2014 @ 1:26 am

    • km menjual minyak akar wangi di medan hp 081397334434

      Comment by agus — March 5, 2015 @ 5:27 pm

    • Siang bu…mau tanya, apakah perusahaan ibu membutuhkan minya nilam dlm partai besar dan brp harga per kg nya….terima kasih ( contact person : Sonny : 0811 262 057 ).

      Comment by sonny Haposan — April 19, 2015 @ 11:00 pm

      • Siang bu…mau tanya, apakah perusahaan ibu membutuhkan minyak nilam dlm partai besar dan brp harga per kg nya dan berapa nilai PA minimum yang dapat ibu terima..….( contact person : Sonny : 0811 262 057 ). mohon infonya…..Terima kasih

        Comment by sonny Haposan — April 19, 2015 @ 11:04 pm

  20. pak arianto,
    saya mau nanya,.
    apakah pt,indesco aroma bisa menerima minyak kapulaga dalam jumlah,besar
    sekitar 253kg,
    klo bisa hub
    pak misbah purwokerto ,085293173229
    terimakasih

    Comment by sahrul musyafi — March 25, 2014 @ 1:12 am

  21. Yang kami banggakan pak Arianto, kami memproduksi minyak citronella dengan hasil 1 ton per pekan. kandungan min 35%. kebun kami terletak di kawasan cianjur jawa barat. Ada yang siap menampung produk kami?.. terima kasih.

    Comment by akbar — April 29, 2014 @ 6:49 pm

  22. mohon info perusahaan yang memproduksi minyak atsiri tersebut, saya(kami) sangat tertarik untuk export.

    Comment by karjo ibnu — May 4, 2014 @ 8:52 pm

  23. mohon info perusahaan yang memproduksi minyak atsiri(jahe) tersebut, saya(kami) sangat tertarik untuk export.

    Comment by karjo ibnu — May 4, 2014 @ 8:52 pm

  24. Yth, Pak Arianto saya sedang menulis artikel dengan tentang peranan Olfactive dan Aroma. Dari sisi perkembangan bio-chemistry dan inspirasi para pembuat parfume de Perancis. Aritikel ini akan terbit di majalah Zoom edisi July-Agustus. Saya ingin membuat interview dengan bapak mengenai minyak atsiri dan peranan secar geo-economic Indonesia. Mohon email bapak. Salam, Agustiawan

    Comment by Agustiawan — May 26, 2014 @ 11:54 pm

  25. Bandung 12 Agustus 2014

    Attn. Mr. Arianto Mulyadi

    Dengan Hormat..
    Saya dari PT.Mars Kiki Cargo dengan ini menawarkan pengiriman produk bapa memakai Cargo Ekspedisi kami dengan kelebihan Cargo kami menerima Liquid/Cairan baik untuk eksport atau import produk. Petugas kami siap menjemput produk yang akan dikirim, khusus untuk produk padat harga pengiriman ke seluruh Indonesia dan Luar Negri lebih murah dari Ekspedisi Cargo Lain

    Bapak dpt menghubungi saya sebagai Manager Ekspedisi

    Name : Rossel
    PIN BB : 21873E44
    Email : roskikimars@gmail.com

    Best Regard
    Rossel

    Comment by Rossel — August 11, 2014 @ 8:00 pm

  26. pak saya mempunyai stok barang cankang pala barang ready 30 ton yang minat tlng HUB:o81227206900/082232178780

    Comment by sualim — October 5, 2014 @ 3:29 am

  27. Hallo… Yang memerlukan agarwood / gaharu.. silahkan hubungi kami di +6287867988099 ; email : eddysoh@gmail.com

    Comment by Eddy — January 7, 2015 @ 10:26 pm

  28. saya punya minyak nilam dalam jumlah banyak, bila berminat hub. Ahmad 085399982578

    Comment by Ahmad — March 9, 2015 @ 12:10 am

  29. Agrotoba didirikan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan yang telah ada sebelumnya di daerah Tapanuli dan daerah sekitar danau Toba-Sumatera Utara. Kami mampu menyediakan patchouli Grade A dari Sumatera Utara

    Comment by agrotobanauli — June 10, 2015 @ 12:42 am

  30. Pak.. Apakh pt indessco membutuhkan minyak lawang? Kalau minat silakan hubungi 0811486477

    Comment by bilhan — September 22, 2015 @ 8:18 am

  31. saya butuh minyak pepermint. HUB 085 2000 480 90

    Comment by asepfirmansyah51 — November 10, 2015 @ 12:44 pm

  32. salam pak,
    sampai hari ini. peluang untuk budidaya herba nilam bagaimana? dan apakah menerima pasokan minyak nilam dari jawa tengah?

    Comment by novinuraini — January 5, 2016 @ 10:24 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.