Minyak Atsiri Indonesia

Artikel Budidaya Kenanga

ARTIKEL BUDIDAYA KENANGA

Kenanga: Berbunga Menggantung, Beraroma Harum

Sumber: http://www.kebonkembang.com/

233

Bunganya, jelas harum. Penampilannya pun tak kalah menarik. Bisa ditanam di mana saja, termasuk di dalam pot. Wanita Thailand punya kebiasan menarik, yakni sehabis mandi langsung mengambil remasan bunga kenanga, dan diusap-usapkan pada tubuhnya, sehingga terpancar aroma harum.

Hampir senada dengan wanita Thailand, wanita Malaysia (dan juga wanita Bali) pun memanfatkan bunga kenanga segar untuk mengharumkan rambut, pakaian dan tempat tidur mereka.

Pun dalam tradisi Jawa, kenanga sering hadir pada berbagai upacara atau kebudayaan adat. Misalnya, bersama bunga melati dan mawar, disebut “bunga setaman”, yang dipakai sebagai bunga tabur pada waktu ziarah ke makam. Selain itu, masyarakat Jawa juga mengolah kenanga menjadi minyak rambut, yang lebih populer disebut leno cemceman. Caranya, kenanga dimasukkan ke dalam minyak kelapa dan dipanaskan.

Ada juga yang memanfatkan kenanga sebagai bahan campuran tembakau, agar beraroma harum. Tak kalah menarik, orang-orang Banyumas (Jawa Tengah) terbiasa memanfaatkan ekstrak bunga kenanga untuk menyembuhkan serangan penyakit malaria. Caranya, keringkan 3 kuntum bunga kenanga, sedu dengan segelas air panas, dan tutup rapat. Saring dan minum teratur.

Ya, sesungguhnya Indonesia sudah lama menjadi negara pengekspor minyak kenanga, yang lebih dikenal dengan sebutan Java Cananga Oil. Bunga kenanga dapat diambil minyak atsirinya dengan cara disuling dan dipakai dalam industri wewangian, kosmetika, parfum, sabun, dan sebagaimana.

BERBUNGA MENGGANTUNG

Tanaman kenagan (Canangium odoratum) termasuk keluarga Anonaceae (kenanga-kenangaan). Pada umumnya berbatang besar sampai diameter 70 cm dengan tinggi mencapai 25 meter lebih. Meski begitu, juga bisa diusahakan sebagai tanaman hias dalam pot, dengan ketinggian maksimal 3 meter dan bertajuk lebar.

Daunnya tunggal setangkai, berbentuk bulat telur atau bulat telur memanjang, dengan pangkal daun mirip jantung dan ujung daun runcing. Panjang daun mencapai 10 – 23 cm, dan lebar 4,5 – 14 cm.

Penampilannya memang menarik. Bunganya berbentuk “bintang” majemuk, pendek, menggantung dan berwarna hijau ketika masih muda, dan menjadi kuning setelah masak. Bunganya memancarkan aroma harum. Bunga itu muncul pada batang pohon atau ranting bagian atas pohon, dengan susunan yang khas. Mahkota bunga umumnya berjumlah 6, namun terkadang berjumlah 8 atau 9, berdaging, terlepas satu sama lainnya, dan tersusun dalam 2 lingkaran yang masing-masing biasanya berjumlah 3. Benang sarinya banyak, dan ruang tempat sari berhubungan terdapat di ujung tangkai sari, berbentuk memanjang dan tertutup, berwarna cokelat muda. Jumlah bakal buah sekitar 7 – 15. Kepala putik berbentuk tombol.

Buah berbentuk bulat telur terbalik, panjang dua cm, berdaging tebal, berwarna hijau ketika masih muda, dan menjadi hitam setelah tua. Lazimnya, buah mengelompok sekitar 6 – 10 buah pada satu tangkai utama. Biji kenanga sekitar 8 – 12 per buah tersusun dalam dua baris, berbentuk bundar, pipih, berkulit keras dan warnanya cokelat.

DUA JENIS

Tanaman kenanga bisa tumbuh dimana saja. Akan tetapi, ia akan rajin berbunga bila ditanam di tempat subur, beriklim panas, dan pada ketinggian sekitar 20 – 700 meter di atas permukaan laut. Di berbagai daerah Indonesia, ternyata kenanga memiliki bermacam-macam nama, antara lain:

  • Jawa: kananga (Sunda), kenanga, wangsa (Jawa), kananga (Madura).
  • Sumatera: kenanga, selanga (Aceh), selanga (Gayo), nuarai (Simalungun), ngana-ngana (Nias), ananga, kananga (Minangkabau)
  • Bali: sandat kanaga, sandat wanga
  • Nusa Tenggara: adat (Sasak), anga (Bima), tenanga (Sawu), bunga kaeik (Roti).
  • Sulawesi: lalingiran, amok, wungurer, kumpul, pum-pum, wal im puket, luit (Minahasa), kananga (Bugis)
  • Maluku:: sapalin, kupa apale, sukalone, kupa aitetui, kupa aiouno, sipaniune, kupaleuo (Seram), sapalen, walotol (Ulias), kumbang  (Buru) kananga wangi (ambon)

Sampai hari ini, di negara kita dikenal dua jenis kenanga, yakni Cananga latifolia, yang memiliki daun berbulu halus pada permukaan bawahnya, dan Cananga odorate yang umumnya memiliki daun yang tidak berbulu. Cananga odorate ini memiliki 2 forma, yakni forma macrophylla, dan forma genuina.

  1. Cananga Latifolia
    Bentuk pohon bisa tinggi atau berbentuk perdu, tergantung kebutuhan. Berbunga musim, daunnya berbentuk bulat telur, pada pangkalnya bundar, tidak berbulu pada permukaan bawahnya.
  2. Cananga odorata
    Kekhasan forma macrophylla antara lain daunnya agak membundar, ukuran 20 x 20 cm. Tajuk pohon berbentuk kerucut, cabang-cabangnya berdekatan, dan pada pangkal batang terdapat lekukan-lekukan.
    Kekhasan forma genuina antara lain daunnya agak meruncing, ukuran 15 x 7 cm. Tajuk pohon berbentuk kerucut langsing, cabang-cabang tidak berdekatan, dan pada pangkal batang justru tampak tonjolan-tonjolan.

DALAM POT

Sekalipun tanaman ini terkesan tinggi dan besar, tapi tetap bisa ditanam di dalam pot. Caranya:

  • Pot diisi dengan pecahan genting, arang kayu, lalu campuran tanah dan upuk kandang (2 : 1) sebanyak sepertiga bagian pot.
  • Tanaman bibit dengan posisi tegak di bagian tengah pot.
  • Tambahkan media tanam tadi, dan sisakan sekitar 5 cm dari permukaan pot.
  • Siramlah sampai air keluar dari bagian bawah pot.
  • Berikan ajir sebagai penguat sementara.
  • Lakukan pemupukan NPK. Pada umur tiga bulan, beri pupuk NPK yang unsur Nitrogennya tinggi sebanyak setengah sendok teh per pot. Ulangi lagi pada umur enam bulan, tapi dosisnya dinaikkan menjadi satu sendok teh per pot, dan ulangi setiap 2 – 3 bulan sekali.
  • Jika perawatannya baik, kenanga dalam pot akan rajin berbunga.

BIBIT STEK DAN CANGKOK

Cara sederhana dan gampang untuk mendapatkan bibit tanaman kenanga adalah dengan melakukan stek. Pilih cabang yang tidak terlalu tua, tapi juga jangan yang masih terlalu muda. Potong cabang, lalu potong-potong lagi sepanjang 10 cm untuk setiap batang stek. Pangkal batang diiris miring agar permukaannya lebih luas, sehingga akan banyak akar yang terbentuk. Nah, olesi permukaan yang miring dengan Rhizopon untuk mempercepat tumbuhnya akar.

Sebagian daun pada batang dikurangi. Tancapkan dalam media tumbuh (campuran pasir dan tanah subur) sedalam 3 – 4 cm. Lakukan penyiraman pagi dan sore. Jika tampak daun sekitar 10 – 12 helai, itu artinya bibit stek siap ditanam.

Sedangkan perbanyakan tanaman kenanga melalui cara mencangkok adalah sebagai berikut: pilih cabang yang sehat, lalu kerat melingkar sepanjang 3 cm. Setelah itu akan tampak bagian kayunya, hilangkan lapisan kambiumnya. Tutup bagian “terluka”itu dengan campuran tanah basah dan pupuk kandang. Balut dengan plastik transparan atau sabut kelapa. Setelah 1 – 2 bulan, tampak akar-akar mulai tumbuh. Itu berarti, bibit cangkokan siap dipisahkan dari induknya. Tanamlah. Berdasar pengalaman, jika pemisahan bibit cangkokan dilakukan ketika induknya sedang berbunga lebat, maka bibit tersebut juga akan cepat berbunga.

SEHAT USAI MELAHIRKAN

Kenanga ternyata juga punya khasiat untuk pengobatan. Salah satunya adalah agar tetap sehat usai melahirkan. Berkat ramuan kenanga plus, mereka merasa fit. Untuk membuatnya, sediakan bunga kenanga yang masih muda, kayu rapet, pegatsih, kunci pepet, kunyit, jongrahab, jalawe, dan jakeling. Cuci bersih semua bahan tadi, lalu tumbuk sampai halus, dan sedu dengan air panas. Setelah dingin, saring dan minum secara teratur.Daun dan bunga kenanga mengandung minyak terbang. Dan karena itu, bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sesak nafas dan bronkhitis.Untuk pengobatan sesak nafas, sediakan setengah genggam bunga kenanga dan satu setengah sendok gula putih. Caranya, kenanga direbus dalam segelas air, dan biarkan mendidih hingga tersisa setengah gelas. Saring dan minum rutin pagi-sore.

Untuk pengobatan bronkhitis, ambil dua kuntum bunga kenanga, rebus dengan segelas air sampai mendidih, hingga tinggal separuhnya. Saring dan minum teratur pagi dan sore.

FOTO-FOTO: Faduli Barbathully

Bibit Kenanga

Sumber: http://www.trubus-online.co.id/

Saya tertarik artikel Trubus tentang ylang-ylang dan kenanga.

  1. Di mana saya bisa mendapatkan bibit ylang-ylang dan kenanga?
  2. Di mana alamat penampung bunga atau minyak ylang-ylang? Berapa harga bunga dan minyaknya?
  3. Tanah seperti apa yang cocok untuk ditanami ylang-ylang dan kenanga?
  4. Berapa harga alat suling kenanga dan di mana dapat diperoleh?

Drs Zulkarnain
Jl. May. Jend. Soetoyo RT 40
Kompleks Pondok Indah, Blok Raya No. 49
Banjarmasin, Kalimantan Selatan

  1. KPH Perhutani Serang, Jl. Kolonel Polisi Yusuf Martadilaga No. 9, Serang, Banten, dan Yayasan Cerdas, Jl. Taman Sari IV Blok V10 No. 10, Taman Cimanggu, Bogor.
  2. Kharis, Dusun Sambirejo, Desa Langon RT 03/06 Ponggok, Blitar, dan Lesto Kusumo, Dusun Sambiroto, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta 55571. Harga bunga Rp5.000-Rp10.000/kg tergantung kualitas. Harga minyak saat ini Rp700.000/kg.
  3. Tanah liat berpasir cocok untuk budidaya kenanga dan ylangylang.
  4. Silakan hubungi Soekar, RT 01/02, Togogan, Srengat, Blitar, atau Ferry, Jl. Veteran III, Desa Banjarsari, Ciawi, Bogor.

Usaha Budidaya Bunga Kenanga: Tak Perlu Perawatan, Tiap Hari Bisa “ Panen Duit”

Sumber: “Peluang Usaha” 22 Desember 2008 – 4 Januari 2009 hal 15 ( Dani / Tim Argribisnis. ): http://ideusaha.web.id/

Sebagai tanaman asli Indonesia, bunga kenanga sudah kesohor sebagai bunga yang menghasikan wewangiian alami. Tak heran bila bunga kenanga selalu laku. Sebagai bunga segar kenanga bisa dijual langsung ke pedagang dengan harga untuk di daerah sekitar Rp 5-7 ribu/per kg, sedangkan di Jakarta di pasar Rawa belong harga bunga segar kenanga mencapai R10.000 /kg. Apabila disuling menjadi minyak Atsiri, maka harganya mencapai 500-800 ribu/kg. minyak atsiri ini adalah merupakan bahan baku utama sebagai macam parfum, tak heran bila pasar Dunia selalu terbuka.

Hebatnya tidak seperti tanaman lain yang membutuhkan perawatan, budidaya kenanga praktis tidak membutuhkan perawatan, namun tiap hari bisa dipetik bunganya. Maklum tanaman kenanga berbunga setiap saat tanpa mengenal musim.

Anda memiliki sedikit lahan disekitar rumah Anda?

Tanamilah pohon bunga kenanga. Bunga kenanga yang berwarna kuning dan berkelopak 6helai itu memiliki harum yang khas yang juga merupakan baku minyak atsiri. Minyak atsiri merupakan bahan utama parfum- parfum mahal yang yang diproduksi perusahaan- perusahaan parfum internasional. Tak heran bila kebutuhan minyak atsiri dunia terus naik.

Namun bila Anda belum siap menjadi pengusaha penyulingan minyak Atsiri atau di sekitar Anda belum ada perusahaan penyulingan , maka hasil panen bunga kenanga segar bisa Anda jual langsung ke pasar dengan harga sekitar Rp 5.000/kg untuk daerah dan sekitar Rp 10.000/ di Jakarta.

Bunga segar ini biasanya digunakan dari mulai nyekar di pemakaman sampai dengan untuk pesta perkawinan, dan juga digunakan untuk bahan wewangian alami di tempat- tempat spa.

Sementara itu apabila lebih lanjut melalui penyulingan dan menghasilkan minyak yang disebut dengan minyak atsiri, maka harganya cukup mahal yaitu dengan harga mulai dari Rp 500-800ribu ( berfluktuatf).

Menurut Dr. Meika Syahbana Rusli, Seketaris Eksekutif Dewan Atsiri Indonesia ( DAI) potensi pasar minyak harum ini banyak diminati pangsa pasar ekspor. Malah hingga kini hampir 90% produkminyak atsiri ditujukan untuk komoditas ekspor sebagai bahan baku wewangian, industri kosmetika farmasi dan food beverage.

Budi daya di Mana saja. Melihat besarnya potensi atsiri sebagai komoditas ekspor, bunga yang nama latinya Canangium ordoratium ini, kembali marak dibudi dayakan. Pada dasarnya kenanga dapat dibudidayakan di manapun, selama tanah untuk menanam subur dan memiliki ketinggian 25- 1.000 meter dpl. Bukan hanya itu, cara budidaya pun terbilang mudah, karena tidak memerlukan perawatan, dan makin tua bukan malah surut bunganya, tapi makin banyak dan makin berkualitas.

Agar menghasilkan minyak atsiri yang banyak, maka bunga kenanga yang digunakan haruslah bunga kenanga yang memiliki ketinggian pohon 5-10 meter dengan umur tanaman sekitar 5 tahun.

Sampai saat ini yang terkenal sentra terbesar kenanga adalah Blitar –Jawa Timur, Boyolali dan Borobudur Magelang-Jwa Tengah, meskipun ada daerah lain seperti BNanten- Jawa Barat dan beberapa daerah di Jawa Timur. Kustono, mantra pertanian kecamatan Borobudur, Jawa tengah mengatakan pembudidaya kenanga masih dilakukan secara generatif secara rumahan dengan cara menanam biji kenanga, meskipun sebenarnya kenanga bisa dibudidaya secara vegetatif melalui cangkok dan stek.

Dengan mudahnya perawatan, tak heran bila hampir sebagian penduduk di beberapa daerah seperti Boyolali, Blitar Bantul, Ambarawa, Magelang, dan Porwadadi- Jawa Tengah membudidaya kenanga sebagai usaha sampingan yang cukup menguntungkan. Contoh saja Nur Kodir, pembudidaya kenanga di Desa Kedungan1, Kecamatan Borobudur, Kab. Magelang- Jawa Tengah ini mampu menghasilkan bunga kenanga 5kg/ hari yang dijual ke pengepul dengan harga Rp 5.000. dengan 16 pohon kenanga miliknya ia mampu mendapat pendapatan Rp 1,5 juta sebulan. Pendapatan tersebut dikatakan Kodir sudah jadi pendapatan bersih karena tidak ada biaya oprasional yang dikeluarkannya. “ Jadi untungnya bisa 100%, “ lanjutnya.

Peluang Ekspor

Ternyata bukan hanya pembudidaya, penyuling pun menikmati pendapatan yang sangat besar. Hanya dengan penerapan teknologi sederhana dan peralatan penyulingan yang memadai, seorang penyuling minyak bunga kenanga ini bisa meng hasilkan omzet hingga ratusan juta sebulan. Adalah Mugimin Harjo Tinoyo, penyuling minyak Atsiri kenanga di Boyolali Jawa Tengah yang sanggup mengolah hingga 3ton bunga kenanga sehari yang diperoleh dari banyak petani dan pengepol.

Lebih lanjut Meika Syahbana mengatakan bahwa mata rantai budidaya bunga kenanga ini dimulai dari pembudidaya rumahan skala kecil yang bisa menghasilkan 2-10kg bunga kenanga per hari yang dijual pada pengepol yang selanjutnya pengepol tersebut memasok bunga kenanga ke tempat penyulingan. Di tempat penyulingan ini pula dihasilkan minyak bunga kenanga yang masih berwarna hitam kecoklatan serta masih keruh karena teknik penyulingan masih sederhana. Dari tangan penyuling seperti Mugimen, minyak atsiri dip roses lebih lanjut di industri penyulingan seperti Djasula Wangi dan Petrokimia – Gresik sehingga bisa menjadi produk turunan siap ekspor ke manca Negara seperti India, Singapura, China, Perancis, Jerman, dan Ingris, Brazil hingga Amerika Serikat.

Melalui Industri penyulingan akan dihasilkan produk turunan minyak Atsiri yang banyak digunakan sebagai bahan baku wewangian industri kosmetik, farmasi dan food beverage sebagai flavor/ aroma.

“ Saya bisa pasok 50-70kg minyak kenanga dengan harga Rp 500 ribu/kg, “ tambah Mugimen.

Adapun perusahaan industri penyulingan minyak atsiri yang juga merangkap sebagai eksportir minyak atsiri antara lain : PT Essentia Indonesia Grata, PT Herba Bagoes, PT Indaroma, PT Indowangi Nusajaya, PT Karimun Kencana Aromatics.

Dikatakan Meika, selaku organisasi non profit, DAI berusaha memfasilitasi terutama perihal pemasaran.

“ Kami bisa menghubungkan pembudidaya dan penyuling dengan ekspotir langsung, “ ungkapnya.

Menurut data DAI, jumlah nilai ekspor minyak atsiri secara umum mencapai 35 juta kg di tahun 1999. jumlah ini pun meningkat menjadi 42 juta kg atsiri di tahun 2004. Meski porsi minyak kenanga hanya menyumbang 5% dari total ekspor minyak atsiri, namun permintaannya tak pernah surut hingga kini. Sehingga tak heran Indonesia juga kesohor dengan sebutan java cananga Oil yang turut berpartisipasi aktif dalam Konferensi Internasional Minyak atsiri di Montreal, Canada Oktober lalu. Hasil pertemuan tersebut yang diikuti Konferensi Nasional Minyak Atsiri awal Desember, DAI bersama Pemerintah akan terus menggenjot produksi minyak Atsiri. Melalui Program Culitiva yang akan meningkatkan teknik budidaya denga melakukan peremajaan pohon serta memperbaiki alat penyulingan agar lebih efektif sehingga menghasilkan minyak atsiri lebih berkualitas.

Bisa Untung 100% hingga kini, 90% komoditas minyak atsiri di ekspor keluar negeri yang banyak digunakan sebagai campuran pewangi sabun, parfum, aroma makan dan minuman.

Dengan peluang pasar minyak Atsiri yag terbuka lebar, maka Anda yang mungkin tadinya hanya menjadikan usaha budidaya pohon kenanga sebagai sampingan , mungkin Anda bisa tingkatkan menjadi pengusaha penyulingan minyak kenanga. Selanjutnya Anda bisa menjual hasil penyulingan minyak kenanga tersebut ke pabrik- pabrik penyulingan besar untuk diolah lebih lanjut atau dijernihkan sehingga menjadi minyak atsiri, sebelum diekspor ke berbagai Negara. Keuntungan Anda menjadi pengusaha penyulingan ini sekitar 20-30 persen dari omzet.

Sementara itu bila Anda hanya memilih sebatas seagai pembudidaya kenanga, maka sudah pasti Anda bisa untung 100persen. Maklum budidaya kenanga tidak membutuhkan perawatan sama sekali.

Istilahnya tinggal tancap, setahun kemudian Anda sudah bisa petik bunganya. Dani/ Tim Argrbisnis

Budidaya Kenanga:  Satu Pohon Bisa Hasilkan 2-5 Kg Bunga Tiap Hari

Sumber: “Peluang Usaha” 22 Desember 2008-4 Januari 2009 hal 17 ( Nur Kodir );  http://ideusaha.web.id/

Tingginya permintaan ekspor minyak bunga kenanga berdampak langsung kepada pembudidaya kenanga. Meski terbilang tanaman tahunan , namun budidaya kenanga terbilang mudah dan menghasilkan pemasukan yang cukup tinggi. Paling tidak hal inilah yang dialami Nur kodir, pemilik 16 pohon kenanga yang mampu panen bunga kenanga 2-5 kg per pohon setiap harinya. Bagaimana teknik budidaya kenanga ini?Dibesarkan didaerah pegunungan dengan mayoritas mata pencarian penduduk sebagai petani membuat Nur Kodir akrab dengan dunia agribisnis sedari dulu. Di daerah Sambeng- Borobudur, Jawa Tengah inilah kodir begitu ia disapa mengetahui cara budi daya kenanga lantaran hampir tiap rumah memiliki pohon tahunan itu.

Lingkungan pula yang membuat dirinya jadi pembudidaya kenanga sejak 1978. dengan modal 5 pohon kenanga warisan orang tuanya, Kodir meneruskan pemeliharaan kenanga. Seiring perkembangan penjualan bunga kenanga yang dapat menghasilkan minyak Atsiri ( bahan baku wewangian seperti parfum) , ia mencoba membibitkan sendiri kenanga tersebut secara generatif ( dengan biji ). Kini ia telah memiliki 16 pohon kenanga.

Budidaya Mudah. Menurut Kodir tak sulit untuk membudidaya kenanga. Kenanga dapat ditanam dimana saja dengan kisaran ketinggian 25- 1.000 meter di atas permukaan laut. Hal yang terpenting ditanam di tanah yang subur. Namun agar menghasikan minyak lebih banyak, lokasi ideal penanaman kenanga di daerah dengan tingkat kelembaban tinggi. Tidak heran , bunga kenanga dari daerah- daerah seperti ini lebih disukai tengkulak.

Kodir meneruskan pemeliharaan 5 pohon kenanga milik orang tuanya. Dari 5 pohon tersebut ia perbanyak secara generatif ( dari bunga yang menghasilkan biji). Kemudian bijinya ia tanam di sekeliling rumahnya seluas 2500meter2 dimana terdapat aneka jenis tanaman , seperti mangga, papaya, bunga pacar china dll. Kodir menanam pohon kenanga yang sebelumnya telah disemai selama 1bulan dalam lubang berdia meter 40cm yang telah diberi pupuk kandang dan kompos sebanyak 5-10kg. pemberian pupuk ini dilakukan sebulan sekali selama 1tahun masa tanam. Selama pemeliharaan tersebut, Kodir melakukan penyiangan untuk membersihkan rumput liar ( gulma) yang tumbuh disekitar pohon kenanga.

Kenanga merupakan tanaman tahunan, sehingga apabila bunganya diambil untuk bahan minyak atsiri, baru bisa dilakukan setelah tanaman berumur 5tahun, meski pada umur 2-3 tahun sudah mulai keluar bunga. Sebelum umur 5tahun bunga kenanga yang dipanen digunakan sebagai bunga tabor, kalaupun dipakai untuk minyak rendemmannya masih rendah. Menurut Kodir, kenanga jenis Canangium Odoratum ini memang tumbuh lebih lama dari kenanga hias yang sudah bisa tumbuh bunga di umur 1tahun. Hal lain yang membedakan yakni kandungan minyak yang dihasilkan jauh lebih banyak dan harganya terbilang cukup mahal dari jenis kenanga hias.

Kenanga untuk bahan minyak atsiri ini memilki cirri berbunga besar, tidak keriting, lebih harum serta menghasilkan minyak atsiri lebih banyak dan wangiya lebih harum.

Pohon kenanga bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 6 -15 meter. Namun biasanya Kodir melakukan pemangkasan sehingga tinggi pohon kenanga yang tumbuh tidak terlalu tinggi yakni berkisar 5-8 meter saja. Sementara itu dia meter batang pohon sekitar 15-50 cm. pemangkasan pohon pada bagian atas ranting pohon perlu dilakukan hingga pohon berumur 3tahun. Dengan demikian pohon tumbuh tak hanya ke atas tapi juga ke samping sehingga lebih rindang dan bisa menghasilkan bunga lebih banyak.

Bunga kenanga biasanya tumbuh di batang pohon atau ranting bagian ats pohon. Sekuntum bunga kenanga terdiri dari 6 helai dengan mahkota berwarna kuning serta dilengkapi 3 lembar daun berwarna hijau. Bunga kenanga berbentuk lonjong dengan urat tipis, permukaan daun rata dan warnanya hijau muda kekuningan.

Pada umumnya bunga kenanga tersusun bergerombol 2- 20 kuntum.

Rata- rata panjang bunga 3-6 cm. bunga kenanga beraroma harum dank has. Bunga yang erwarna kuning dikatakan sebagai bunga dewasa yang memiliki kandungan dan mutu minyak tinggi.

Kodir mengatakan, kenanga dapat dijadikan investasi yang menguntungkan dan terus menghasilkan. Betapa tidak pohon ini terus menerus menghasilkan bunga sepanjang tahun, meskipun kenanga memiliki waktu panen yang melimpah tiap 3 bulan sekali.

Satu pohon kenanga paling tidak mampu menghasilkan 2-5kg bunga kenanga setiap harinya. Ternyata kandungan minyak dari bunga kenanga yang dihasilkan jauh lebih banyak saat musim kemarau. Pasalnya bunga kenanga berbunga lebih banyak dan helai daunnya lebih tebal sehingga menghasilkan minyak yang lebih banyak berbeda saat musim hujan tiba.

Pemasaran. Dengan masa panen rutin, Kodir dan parapetani setempat tidak kesulitan untuk memasarkan hasil panen bunga kenanga tersebut. Panen kenanga biasa dilakukan tiap pukul 6 pagi di mana rendemen atau kandungan minyaknya masih tinggi. Setelah panen segera mungkin dijual ke pengepul bunga kenanga di desa setempat. Mugimin dan beberapa petani setempat biasa menjual kenanga segar kepada Jiono ( 081904174475 ) , pengepul dan pemasok bunga di desa Kedungan 1, Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Namun apabila permintaan tinggi, selain panen pada pagi hari, ia pun memanen bunga kenanga saat pukul 2 siang dan dijual pada pengepol pukul 4 sore. Sampai saat ini harga jual bunga kenanga sekitar Rp 5 ribu/kg . namun harga bunga bisa melonjak tinggi saat menjelang hari Raya Idul Fitri , yakni sebesar Rp 30ribu/ kg. menurut keteranganya, pengepul bunga kenanga tersebut menjual kembali bunga kenanga ke beberapa pasar di daerah Magelang, Muntilan, dan Beringharjo- Yokyakarta.

Meski memiliki 16 pohon kenanga dewasa, pemanenan tidak dilakukan pada seluruh pohon, tetapi rata-rata hanya memanen dari 5 pohon dengan hasil rata- rata 2-5 kg per pohon. Sehingga Kodir rata –rata bisa menghasilkan 10kg bunga tiap harinya. Dengan demikian tiap hari Kodir bisa memperoleh pendapatan sebesar Rp 50ribu/ hari atau 1,5 juta sebulannya. Tanpa adanya biaya operasional yang dikeluarkan seperti karyawan, biaya listrik air, telepon dan transportasi, Kodir mengaku omzet tersebut hampir 100% menjadi pendapatan bersih tiap bulannya. Nina/ Eka.

Teknik Budi Daya Kenanga

Pembenihan. Budidaya kenanga yang ditujukan untuk diambil minyaknya, sampai saat ini dikatakan Kodir masih di tanam secara generatif yakni menanam biji yang diperoleh dari bunga kenanga yang telah matang. Sementara itu budidaya secara vegetatif seperti cangkok, okulasi maupun kultur jaringan masih sulit untuk dilakukan. Budidaya kenanga ini jauh lebih baikmenanam biji yang telah disemai( ditanam pada tray ) hingga berkecambah dan keluar batang sekitar 1bulan dari pada menanam langsung biji di tanah.

Biji yang ditanam lebih baik yang memiliki kadar air diatas 50% sehingga lebih cepat berkecambah dan tumbuh dibandingkan biji yang sudah lama disimpan dengan kondisi biji yang mulai mongering. Idealnya benih kenanga tumbuh baik pada kisaran suhu 20-30 derajat dengan intensitas sinar matahari diatas 10% yang dapat mempercepat perkecambahan.

Penanaman dan Pemeliharaan. Kenanga ditanam pada lobang tanam ukuran 40×40x40cm dengan jarak tanam 5-10 meter. Namun dua minggu sebelum penanaman lubang diberi pupuk kandang dan kompos 5-10 kg. pemupukan dilakukan tiap bulan dan intensitasnya ditingkatkan saat pohon akan berbunga. Mengingat produk utama adalah bunga, maka dosis pupuk yang digunakan tidak terlalu banyak atau dalam batas dosis rendah.

Panen dan pengolahan .

Panen yang teraik untuk menghasilkan rendemen ( minyak) yang lebih banyak dan berkualitas kadar atsirinya tinggi, biasanya pembudidaya memanen bunga yang telah berumur 5 tahun. Panen pun hanya memilih bunga yang benar- benar telah mekar sempurna yakni ditandai dengan warna kelopak bunga berwarna kuning tua dan harum yang menyengat.

Lantaran kadar atsiri tinggi dicapai saat malam hari, alangkah baiknya bunga kenanga dipanen saat pagi hari yang kemudian diserahkan pada pengepul. Dengan demikian diharapkan bunga kenanga bisa cepat sampai ke tangan penyuling minyak atsiri sehingga minyak yang dihasilkan jauh lebih banyak. Ekstrak minyak bunga kenanga yang dihasikan banyak digunakan untuk biang wewangan seperti parfum dan aroma teraphy. Nina.

Info lebih lanjut Dapat menghubungi:  Nur Kodir, Desa Kedunga 1, kelurahan Sambeng, Kecamatan Borobudur Kb . Magelang.  Telp: 081904174475( a.n jiono )

17 Comments »

  1. bagaimana cara pemasaran minyak kenanga,

    Comment by alam — October 16, 2010 @ 5:48 am

    • untuk penjualan minyak Kenanga bisa hubungi kami di hp 082183384777

      Comment by Taufik Rahman — March 12, 2011 @ 8:04 pm

  2. muantaaap

    Comment by I Made subadra — February 2, 2011 @ 1:17 am

  3. bagi saudaraku yang tau alamat pengumpul maupun agen minyak kenanga hubungi / sms ke hp ku 081254 117 688.

    Comment by ahmad supriyoto — February 22, 2011 @ 6:40 am

    • untuk penjualan minyak Kenanga anda bisa menghubungi kami di 082183384777

      Comment by Taufik Rahman — March 12, 2011 @ 8:05 pm

  4. kalau mencari minyak adas kualitas bagus ada dimana ya ? saya domisili jogjakarta ? dalam rangka penelitian. terimakasih

    Comment by dika — April 17, 2011 @ 10:47 pm

  5. adakah alamat pemasaran minyak kenanga untuk wilayah nganjuk?

    Comment by abdul khamid — October 13, 2011 @ 6:32 am

  6. sy punya stok minyak kenanga dlm jumlah banyak.
    ada yg berminat membeli????
    bs hubungi NICO 085232689470 ; 081246785345 ; 087853337767.

    Comment by Nico — January 15, 2012 @ 9:27 pm

  7. Jual Minyak Buah Jeruk Purut , Fruit Kafir Lime Oil ( 10 ML Rp 90 ribu ) , (100 ML Rp 700 ribu ),( 500 ML Rp 2,7 Jt ) (1L Rp 5 Jt ) Ready Stock

    Comment by tyo_taruma_negara — August 18, 2012 @ 1:29 pm

    • Contact Person , 085706777903

      Comment by tyo_taruma_negara — August 18, 2012 @ 1:30 pm

  8. 081330585857..jg penjual mnyk kenanga.mr agus.

    Comment by agus — September 2, 2012 @ 6:10 am

  9. Penjualan minyak kenAnga untuk daerah banten ada nga ya,,?

    Comment by widi — January 7, 2013 @ 7:49 am

  10. Salam kenal, sy Yudwi Malang,
    mohon bantuannya jika ada rekan bapak yg mencari bahan baki minyak atsiri: pala, nilam,kenanga.
    sy sering ke jogja hampir tiap bulan

    Yudwi
    08125439174

    Comment by yudwi — January 26, 2013 @ 6:39 am

    • Trus untk penjualan bunga kenanga sendiri kemana ya

      Comment by Jin ifrid — April 22, 2013 @ 5:39 am

  11. Sedia ready stok +-100kg minyak kenanga jawa. warna kekuning-kuningan hasil test lab succofindo tersedia. hub 08179888195/081586008137.

    Comment by Insani Berlian,PT — June 5, 2013 @ 2:54 am

  12. Ada yg bis ajari teknik penyulingannya dak ya… atau artikel nya gitu kali.

    Comment by yunan — June 15, 2013 @ 10:08 am

  13. sy butuh bibit kenanga hubungi saya 081219643944

    Comment by iwan suwandi — July 4, 2013 @ 7:01 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 56 other followers

%d bloggers like this: